Cara Mudah Bangunkan si Kecil Saat Sahur

Sabtu, 03 Juni 2017 - 13:23 WIB
Cara Mudah Bangunkan si Kecil Saat Sahur
Cara Mudah Bangunkan si Kecil Saat Sahur
A A A
JAKARTA - Membangunkan anak untuk menjalani sahur memang harus penuh dengan kesabaran. Para orang tua pun harus bisa membuat si kecil terbangun tanpa membuatnya terganggu.

Psikolog Anak dan Keluarga Anna Surti Ariani mengatakan para orang tua harus memastikan si kecil tidur cukup, di mana dia tidur dengan waktu yang tepat, tanpa terlambat.

"Kalau bicara tentang membangunkan anak, kita mesti memastikan dulu bahwa tidurnya cukup. Jadi malam, begitu selesai tarawih, bisa beres-beres, terus mulai rutinitas tidur (misalnya sikat gigi, cuci kaki, dongeng, dan lainnya)," kata Anna di Jakarta.

Sebelum tidur, alangkah baiknya orang tua juga mengingatkan anak tentang puasa Ramadan, termasuk didalamnya soal sahur sehingga anak mengetahui maksud dan tujuan orang tuanya membangunkan dirinya lebih cepat.

“Sebutkan jam berapa dia akan dibangunkan. Anak boleh memilih ingin dibangunkan seperti apa, bisa ditanyakan sebelum tidur, misalnya ingin dikitik-kitik atau ditepuk pundaknya, atau dinyalakan lampu kamarnya, dan sebagainya," terangnya.

"Pada saat membangunkan, lakukan cara yang dipilih anak, boleh dikombinasikan dengan cara lain yang dianggap efektif oleh orang tua. Lakukan dengan sabar sampai bangun, supaya anak tetap merasa bahwa sahur adalah bagian dari ibadah, dan ini menyenangkan, " tambahnya.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3436 seconds (0.1#10.140)